Membuat Pola menggunakan Bahasa C ( IV )

download

DIBUAT OLEH: Ferdy Tarawan

NIM: 1901473930

 

Artikel ini merupakan salah satu dari beberapa arikel yang saya buat , yang akan membahas bagaimana untuk membuat suatu program yang akan menampilkan output berupa pola tertentu sesuai input dari user menggunakan Bahasa C.

Kali ini kita akan membuat pola segitiga seperti berikut.

Contoh :

INPUT      :

3

OUTPUT  ;

1

1  2

1  2  3

Source code pola segitiga :

code

Output yang dihasilkan :

 

Output

Output 2

Koding  dimulai dengan menggunakan fungsi include untuk menggunakan stdio.h (standart input/output function), yang berisikan kumpulan fungsi yang akan kita gunakan dalam script (scanf, printf, etc.)

Pada baris berikutnya ada sebuah fungsi bernama main , tujuan dari fungsi ini adalah untuk mengembalikan sebuah integer yang akan menandakan status dari program

Setelah main, kita inisialisasi semua variable yang akan digunakan ke tipe data integer

Fungsi yang kita temui berikutnya adalah scanf() dan symbol %d, inti dari baris ini adalah memungkinkan user untuk meng input data yang diinginkan dan menampunya ke dalam variable angka.

Sesudah scanf kita cantumkan fungsi fflush(stdin),sehingga program tidak tertutup sendiri seakan akan user  telah mengakhiri program.

Untuk membuat pola kali ini akan digunakan 3 buah for loop. Sebuah for-loop yang berisikan dua buah for-loop untuk dijalankan (nested loop)

For-loop pertama digunakan untuk mencatat nomor baris pada setiap pengulangan, berapa baris yang harus dibuat, menentukan berapa spasi yang harus dicetak  dan membuat baris baru.

For-loop kedua yang berada  di dalam for-loop 1 digunakan untuk memberi spasi yang dibutuhkan untuk membuat pola, banyak spasi yang dicetak ditentukan oleh variable x , akan terus diulang sampai nilai variable y lebih besar dari variable x

For-loop ketiga digunakan untuk mencetak angka , memberi spasi diantara setiap angka yang dicetak dan akan berhenti apabila nilai variable z melebihi variable x.

Kemudian kita akhiri program dengan mengembalikan nilai 0

 

Note: Code yang saya post ini jauh dari kata sempurna (maklum baru belajar bahasa C), dan terdapat banyak cara lain untuk menghasilkan output yang sama . Jika ada kritik maupun saran feel free to comment ^_^.

Published by

ferdytarawan

Binusian 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *